Langsung ke konten utama

Fitrah Seorang Anak

Anak adalah titipan Allah
Anak adalah aset akhirat bagi orang tua
Dan anak perlu diberikan hak nya yang menjadi kewajiban orangtua untuk memberikan itu.
Apa saja hak nya?

Hak di kenalkan kepada siapa TuhanNya, Siapa Nabinya, Apa agamanya, Apa kitab nya dan Apa saja yang diajarkan agamanya. Itu semua hak mereka yang harus mereka dapatkan dan ini harus ditunaikan oleh orangtua sebagai makhluk yang dititipkan.

Tapi, saat ini justru banyak orangtua yang berlomba menjadikan anaknya sebagai objek obsesi orang tua sebagai eksistensi diri. Diikutkan lomba foto model, les bahasa ini itu, les piano, les ballet. Seolah ingin menunjukan bahwa anaknyalah yg terbaik.

Terbaik?
Terbaik menurut siapa?
Terbaik untuk siapa?

Wahai orangtua,
Bukan suatu kehinaan jika anak-anak tidak menjadi model cilik terkenal, bukan sebuah keterbelakangan jika anak-anak tidak memakai baju yg fancy dengan bentuk sedemikian rupa pun bukan sebuah cela jika anak-anak kita tidak tahu tokoh-tokoh kartun dunia. Sungguh itu bukan sebuah aib.

Karena itu semua tidak akan di pertanggung jawabkan di akhirat kelak. Tetapi yang akan Allah tanya adalah sudah sejauh mana kau kenalkan anak-anakmu padaKu? Pada NabiKu? Kitab dan agamaKu? Yang mana itu adalah tugas kewajiban orangtua.

Wahai orangtua,
Ingatkah bahwa di luar sana banyak sekali pasangan yang sangat menginginkan kehadiran seorang anak di dalam keluarganya tapi Allah belum mengizinkan. Maka berbahagialah bagi mereka yang dititipkan anak di dalam keluarganya dan didiklah mereka sesuai dengan fitrahnya.
Mungkin akan ada yang berkata seperti ini
“Gausah repot deh, belajar agama  mah panggil aja guru ngaji, sekarang juga banyak kan  lembaga yg buka”
Memang di luar sana sudah banyak lembaga yang menawarkan jasa untuk mengajarkan anak mengaji sejak kecil dengan berbagai metode dan jaminan yang mereka janjikan.

Memberikan materi agama pada anak itu mudah! 8 sampai 10 pertemuan juga anak sudah bisa melafalkan do’a-do’a harian, praktik sholat dan mengaji. Tapi, Pak Bu apakah itu akan membekas pada diri si anak dan menjamin si anak akan konsisten melakukan itu sebagai kewajibannya? Dan membuat si anak takut melakukan dosa karena paham bahwa Allah melihat apapun yang kita kerjakan meski tidak ada yang melihat? Jawabanya belum tentu. Karena yang sulit adalah mendidiknya.

Mendidik mereka untuk tidak sekedar tahu tapi paham apa saja kewajiban mereka dan apa saja yang boleh dan tidak boleh di lakukan. Sampai pada titik dimana tanpa ada pengawasan dari orangtuapun si anak sadar apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan karena sejatinya ada CCTV Allah yang maha melihat setiap detail perilaku kita.

Maka dari itu jika hanya mengandalkan guru mengaji di lembaga atau yang di panggil ke rumah tetapi tidak di barengi dengan contoh dari orangtua akan sulit membuat anak memahami apa kewajibanya. Kalaupun si anak mampu memahami apa kewajibanya, pahala yang mengalir dari setiap kebaikan yang dia lakukan akan mengalir pada guru mengajinya karena beliaulah yang mengajarkannya. Lalu apa yang tersisa untuk orangtua?

Bukan kah orangtua berharap memiliki anak yang sholih dan sholihah agar dapat terus mendo’akan ketika orangtua sudah tiada?
Bukankah orangtua berharap memiliki anak sholih dan sholihah agar Allah angkat derajat mereka?

Oleh karena itu, ini menjadi pengingat dan catatan bagi diri saya sendiri. Bahwa menjadi orangtua itu bukan hal sederhana tetapi merupakan hal yang berat dan perlu banyak persiapan karena pertanggung jawabannya di bawa sampai ke akhirat. Maka mendidik anak itu perlu ilmu agar tidak keliru dalam mendidik mereka, agar para orangtua tidak mencederai fitrah mereka sebagai anak dan hambaNya. 

Semoga sayapun kelak mampu menjadi sekolah terbaik mereka dan mampu mendidik mereka sesuai dengan fitrahnya. Aamiin.

5 Ramadhan,
28420
Ditemani gerimis yg awet


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kaleidoskop 2022

  Setahun vakum gak nulis apa-apa bukan berarti gue gabut dan gak bisa menceritakan apapun. Tapi, karena tahun 2022 itu nano nano banget buat gue, karena di tahun itu f or the very fisrt time i bacame a mother. Masya allah tabarakallah. Gue jadi Ibooook lho. Sejak dapet predikat itu kehidupan gue berubah gaess. Tolong jangan bayangkan kehidupan gue itu kaya ibu-ibu yang hepi hepi punya bayi, teteuup keliatan flawless , looks so gorgeous . Preetttt, itu sungguh ga ada sama gue. Setelah melahirkan gue justru merasa buluk. Berat badan naik hampir 20kg, begadang tiap malem sama bayi aja (karena setelah lahiran gue LDR sama suami), harus pumping tiap 2 jam, belajar menyusui sampe berdarah-darah, luka gue yang masih basah. Jujur ga ada cakep-cakepnya gue sesudah melahirkan tuh huhu. Bahkan gue ngerasain yang namanya baby blues lho, sungguh itu bukan mitos. Makanya kenapa wanita yang hamil kemudia melahirkan itu butuh banget dukungan dari lingkungan terdekatnya terutama suami. Satu

Rasanya menjadi Ibu Toddler

Menjadi orangtua dari toddler itu sungguh nano nano. Gatau harus memberi nama perasaan ini dengan apa karena sungguh nano nano. Bukan mau kemakan sama mitos yang katanya anak usia toddler itu sungguh menguras emosi, dan tenaga. TAPI ITU ADALAH FAKTA (buat gw gatau kalo org lain) Sejak memasuki usia 2 tahun rasanya emosi qile tuh makin menjadi-jadi tapi perkembangan emosi ini dibarengi dengan perkembangan autonomy kalo kata ericson. Jadi Qile tuh mulai apa-apa pengen sendiri, iya oke gapapa karena itu fasenya kan. Cumaaa kalo dia sedang melakukan sesuatu terus susaah, dia akan frustasi dan ngamuk. Disini peran emak dalam membantu regulasi emosi sangat dibutuhkan dan emak ketika menghadapi anak sednag emosyenel itu harus adem bukaaan?? TAPI, perlu di ingat sodara-sodara gak setiap waktu emak-emak itu dalam kondisi emosi yang stabil, ya kan?.  Apalagi ketika si emak di rumah itu ga ada yang bantu, ga ada helper, ga ada mbak, ga ada asisten, you named lah. Gimana rasanya? Sudah barang tent

Tamu Tak Diundang

Siapa yang sangka bahwa tempat itu yang akan membuatmu kedatangan tamu yang tak diundang, Siapa sangka bahwa tempat itu yang akan mengantarkanmu pada luka yang menganga saat ini. Siapa yang sangka bahwa tempat itu yang menjadi alasan kau harus menata kembali perasaanmu yang telah hancur berantakan sendirian. Dulu, kau butuh waktu bertahun-tahun untuk menata kembali perasaanmu, kau butuh tahunan untuk merawat luka itu hingga kering dan kau butuh waktu yang tidak sebentar untuk ada dititik berdamai dengan semua luka itu. Tapi, dia datang dengan jumawanya tanpa permisi, masuk kedalam hidupmu menajanjikan banyak hal, menjamin semuanya akan baik-baik saja, dan meyakinkannya berluang kali.