Langsung ke konten utama

Kaleidoskop 2022

 Setahun vakum gak nulis apa-apa bukan berarti gue gabut dan gak bisa menceritakan apapun. Tapi, karena tahun 2022 itu nano nano banget buat gue, karena di tahun itu for the very fisrt time i bacame a mother. Masya allah tabarakallah. Gue jadi Ibooook lho.



Sejak dapet predikat itu kehidupan gue berubah gaess.

Tolong jangan bayangkan kehidupan gue itu kaya ibu-ibu yang hepi hepi punya bayi, teteuup keliatan flawless, looks so gorgeous. Preetttt, itu sungguh ga ada sama gue.

Setelah melahirkan gue justru merasa buluk. Berat badan naik hampir 20kg, begadang tiap malem sama bayi aja (karena setelah lahiran gue LDR sama suami), harus pumping tiap 2 jam, belajar menyusui sampe berdarah-darah, luka gue yang masih basah. Jujur ga ada cakep-cakepnya gue sesudah melahirkan tuh huhu. Bahkan gue ngerasain yang namanya baby blues lho, sungguh itu bukan mitos. Makanya kenapa wanita yang hamil kemudia melahirkan itu butuh banget dukungan dari lingkungan terdekatnya terutama suami.

Satu bulan setelah melahirkan gue masih tinggal di rumah ummi karena gue sadar  betul setelah melahirkan gue butuh bantuan ummi untuk nemenin gue adaptasi sama peran dan ritme hidup yang baru.

Gak jarang waktu Qila nangis tengah malem abi juga ikut bangun dan nawarin bantuan “sini abah gendong, sok dede pompa dulu aja” atau pas jam 3 pagi gue masih nyusuin ummi masuk ambil alih Qila “Udah nafa tidur sampe subuh, qila sama ummi”. Ya allah sungguh gue sangat amat terbantu di rumah tuh, meski gue yg ngurus tapi ada ummi abi yang bisa bantu pegangin Qila kalo gue harus ke kamar mandi, pumping atau sekedar curi-curi tidur sejam aja.

Rencana awal gue bakal tinggal di rumah itu sampe Qila 2 bulan tapi karena qadarullah ummi dan adek-adek dirumah itu covid (lagi) maka gue memutuskan balik ke Jakarta secepatnya. Akhirnya, abang jemput gue buat balik ke Jakarta.

Saat itu perasaan gue campur aduk banget. Satu sisi belum siap kalo harus ngurus bayi sendirian mana baru satu bulan, tapi di sisi lain gue ga mau anak gue ketularan karena saat itu gejala covid di keluarga gue agak parah yah. Jadi, dengan berat hati dan meyakinkan diri berulang-ulang kita putuskan balik ke Jakarta saat itu.

Malemnya gue packing barang dan baru sadar ternyata barangnya buanyak banget gaes HAHA. Waktu dateng cuma bawa 1 koper doang eeh pas balik jadi beranak pinak barangnya. Kado-kado sih yang bikin jadi banyak banget hehe.

Well, akirnya kita balik ke Jakarta dengan usia Qila yang baru 30 hari dan cerita menjadi ibu yang sesungguhnya pun di mulai.

Alhamdulillah selama di jalan Qila anteng banget, kita juga berhenti di rest area buat sholat dan nyusuin Qila sebentar karena baju gue udah basah rembes asi.

Sampe rumah agak kaget ya debunya banyak banget. Yaa maklum lah laki kita di rumah kan cuma bentaran doang waktu dia masih di kantor yang lama waktunya lebih banyak di kantor dari pada di rumah hoho. Ditambah saat itu dia lagi ada proyek yang dikerjain makin lama durasi dia di kantor wkwk.

Hal pertama yg gue beresin adalah kamar, langsung angkat kasur, sapu, pel, ganti sprei dan pasang purifyer. Qila gue titip tante gue sebentar eehh baru juga kelar beresin kamar doi haus, yaudalah yang penting kamar udah bersih duluan. Barang-barang yang lain masih berantakan di runag tamu.

Malemnya seperti malam-malam sebelumnya gue begadang buat nyusuin Qila tapi bedanya sekarang ada ayahnya yg nemenin gue meski ga bangun denger anaknya nangis wkwkwk. Agak kesel nih gue saat itu karena doi ga bangun padahal anaknya nangis, tapi karena baru semalem gue masih sabar karena gak belum sadar kali anaknya udah lahir hehe. Secara setelah lahiran doi cuma semalem tidur sama anaknya dan besoknya udah balik ke Jakarta buat kerja . Jadi, masih saya maklumi.

Paginya realita kehidupan yang sesungguhnya pun dimulai gaesss. Jam 3 pagi gue pumping dilanjut subuhan, lalu mulai masak buat bekel ayahnya dan makan gue, disambi muterin mesin cuci. Pas anaknya nangis kegiatan di tunda karena ayahnya masih kaku megang anak bayi wkwkw. Saat itu boro-boro bisa ketawa yang ada manyun aja gue karena ngerasa riweuh sendirian.

Sampe ayahnya berangkat kerja gue berduaan aja sama bayi, kerjaan rumah dikerjain sendiri, kadang kalo anaknya ga mau di taro di bouncer gue gendong pake baby wrap sambil nyuci, jemur baju dan setrika. Wow berasa wonder woman gue.

Mungkin akan ada yang nanya kenapa gak pake ART?

Jawabannya gue belom percaya sama orang buat bantu-bantu dirumah.

Abang udah nawarin pake ART sejak gue hamil pas lagi mual muntah banget sampe ga bisa ngapa-ngapain. Tapi, gue keukeuh ga mau pake ART, gue ngerasa masih belom perlu dibantu ART. Gue ga mau ketemu drama-drama per-ART-an. Takut gak jujur, takut dia gak baik, dan masih banyak takut-takut yg lain. Jadi mau se riweuh apapun gue telen sendiri aja dulu.

Malem begdang, pagi pumping masak dan semua kerjaan domestik berdua suami, main sama anak dan nunggu ayahnya pulang. Keliatannya sederhana yah tapi nyatanya yg gue jalani gak sesederhana itu lho. Gue hampir gila rasanya ngurus newborn sendirian.

Belom kalo anak grow spurt, rewel habis imunisasi, gak enak badan tapi dia cuma bisa nangis dan kita harus nebak-nebak kira-kira dia kenapa. Itu sungguh gak mudah ya kawan.

Lalu, di pertengahan tahun abang pindah kantor dan kita juga harus pindah rumah. Bayangkan kita pindahan sama bayi 5 bulan, gimana rasanya? YA TENTU RIWEUH ATUH HAHA. Tapi alhamdulillah lancar meski seharian gak mandi karena ngurusin pindahan sampe rampung. Kelar pindahan jam 8 malem haha warbyaza.

Di rumah baru ini Qila mulai belajar merangkak, mulai MPASI dan jalan. Masya Allah Tabarakallah.

Kalo di pikir-pikir 2022 itu tahun yang banyak banget kejutannya, ngejalaninnya itu turun naik, nangis ketawa, ah pokoknya nano-nano. Tapi lagi lagi Alhamdulillah ‘ala kuli hal. Udah gitu aja.

Gak kerasa udah panjang aja gue cerita ya. Kapan-kapan gue juga pengen cerita soal kehamilan, ngurus bayi dan cerita-cerita gue lainnya yah.

Sekarang gue cukupkan sekian dulu yah, Qila udah bangun tidur siang.

 

Jkt 180123

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rasanya menjadi Ibu Toddler

Menjadi orangtua dari toddler itu sungguh nano nano. Gatau harus memberi nama perasaan ini dengan apa karena sungguh nano nano. Bukan mau kemakan sama mitos yang katanya anak usia toddler itu sungguh menguras emosi, dan tenaga. TAPI ITU ADALAH FAKTA (buat gw gatau kalo org lain) Sejak memasuki usia 2 tahun rasanya emosi qile tuh makin menjadi-jadi tapi perkembangan emosi ini dibarengi dengan perkembangan autonomy kalo kata ericson. Jadi Qile tuh mulai apa-apa pengen sendiri, iya oke gapapa karena itu fasenya kan. Cumaaa kalo dia sedang melakukan sesuatu terus susaah, dia akan frustasi dan ngamuk. Disini peran emak dalam membantu regulasi emosi sangat dibutuhkan dan emak ketika menghadapi anak sednag emosyenel itu harus adem bukaaan?? TAPI, perlu di ingat sodara-sodara gak setiap waktu emak-emak itu dalam kondisi emosi yang stabil, ya kan?.  Apalagi ketika si emak di rumah itu ga ada yang bantu, ga ada helper, ga ada mbak, ga ada asisten, you named lah. Gimana rasanya? Sudah barang tent

Balada SNMPTN

Kemarin, hampir seluruh lini masa media social penuh dengan screen capture pengumuman kelulusan seleksi masuk perguruan tinggi. Ada yang banjir ucapan selamat karena berhasil lolos masuk ke kampus impian, tapi tidak sedikit juga   yang gagal dan masih harus berjuang di kesempatan yang lain. “Oh, pengumuman SNMPTN diumumin sekarang toh”. Kata gue Momen pengumuman masuk kampus ini selalu punya kesan buat gue sendiri. Karena gue juga ada dibarisan yang gagal saat itu haha . Bahkan tahun lalu gue juga menyaksikan kegagalan adek gue sendiri di seleksi masuk kampus negeri ini. Tahun lalu ketika laman seleksi masuk itu dia buka dan menampilkan hasil bahwa dia gak lolos ekspresi dia saat itu hanya ketawa. She pretend that everything was fine. “Yah, gak lolos gue Teh hahaha” jawabnya sambil tertawa “Gapapa Dek, masih ada SBM tenang” Jawab gue mencoba menenangkan padahal gue tau dia sedih luar biasa. Dia mencoba menutupi perasaan itu dengan tertawa . Dan setelah pengumu