Langsung ke konten utama

#SEMESTER5 Part 3

Ah, akhirnya buah cinta kami yang tekah di kandung selama kurang lebih 43 hari dapat lahir tepat waktu. Alhamdulillah yah nak. Kami bahagia luar biasa kamu bisa rampung dengan tepat waktu nak. Semoga kamu tidak kurang satu apapun ya nak. Karena ibu-ibu mu ini sudah berusaha semaksimal mungkin untuk membuat kamu sempurna supaya tidak ada cacat sedikitpun (red: tulisan yang typo typo) hehe.

Ini belum selesai sih sebetulnya. Karena nanti kita harus mempresentasikan anak-anak kita di depan dosen saat sidang, yang Insya Allah akan dilaksanakan januari 2017. Mohon doanya ya para readers *hihiy. Semoga kami bisa mempersembahkan yang terbaik bagi anak-anak kami. *NgomongApaSih

Di tulisan sebelumnya udah cerita soal kita yang susah cari teori. Nah, sekarang mau di lanjutin. Apa yang terjadi setelah cari teori itu dan apa yang terjadi selama pengambilan data?.

Setelah cari teori yang kehujanan dan nyasar-nyasar itu. Alhamdulillah salah satu temen kita dapet teori nya dan kita mulai bikin target perilaku dari teori itu.

kenapa bikin target perilaku musti dari teori?. Karena nanti saat observasi kita mau lihat apakah target perilaku yang udah kita buat dari teori itu muncul di perilaku subjek atau tidak. Kalo muncul berarti perilaku si subjek sesuai dengan teori nya jadi perilaku subjek sesuai dengan sikap ……. . Intinyaa mah gitu weh ya target perilaku teh hhee.

Terus, setelah si target perilaku ini selesai kita mulai ambil data . pengambilan data pertama itu adalah setting psikologi pendidikan. Tempat penelitian kita nanti itu adalah rumah belajar untuk anak-anak yang tidak sekolah yang kebutulan dibangun oleh salah satu yayasan untuk membatu mereka. (Hayo yang masih bisa sekolah semangat yaa belajar nya.Diluar sana masih banyak yang pengen sekolah tapi ga bisa karena ga ada biaya hehe #NotedToMySelf).

Nah kita ambil di Hari Minggu, 16 Oktober 2016. Kita ketemu di meeting point sesuai kesepakatan kita. Sekitar jam 2 kita berangkat kesana, tempatnya itu hahhhaha jauh banget gengsss  -__- dan disana tidak ada angkot yah. Tidak ada. Ojek pun tidak ada *Nice kita pulang jalan kaki kayaknya.

Perjalanna kesana kurang lebih 1,5 jam karena weekend, macet pula. Sekitar jam setengah 4 kita sampe di sana dan mulai ambil data dengan mengamati perilaku subjek kita hehe setelah 60 menit observasi selesai, kita sedikit ngobrol-ngobrol sama pengajar disitu sebentar terus pamit pulang. Kita udah pengen pulang tapi bingung gimana caranya haha. Secara disitu ga ada angkot, ojek pun ga ada. Akhirnya, karena kebaikan hati kakak kakak pengajar disana kita dianterlah sampe ke jalan besar yang banyak angkot.

Untuk pulang seperti biasa kita pesen mobil online. Dan ternyata yang bawa mobil nya adalah ibu-ibu temaaan usianya sekitar 55th deh. Udah agak tua memang tapi masih mau bawa mobil, manual lagi bukan matic hehe *wonderWomanemang. Waktu ibu nya ini dateng kita semua naik ke mobilnya tapi suasananya langsung tegang gitu haha. Karena ibu nya nanya Cuma pitch nya agak tinggi dan wajahnya sedikit kurang bersahabat hehe jadi kita kaget gitu.

Yang lain gak ada yang mau duduk di samping ibunya takut katanya -_______-. Yaudah nafa deh mau gak mau. Waktu baru masuk mobil ibunya kan puter balik dulu yah eh nabrak bagian belakang nya. Kita yang di dalem makin panik gara-gara itu . Terus pas mobilnya mulai jalan agak ngebut, ganti ganti gigi nya juga kurang halus, rem nya mendadak lagi. Aduuuhhhhh, kalo boleh gentian mah saya aja bu yang bawa mobilnya gapapa seriusan :”( udah teu pararuguh rarasaan da takut nabrak tea kan.

Selama di mobil krik krik banget ga ada yang cuap-cuap wkwkwk karena takut sama ibu nya Nafa yang duduk di dampingnya so stay calm, dalem hati bilang
 “ Ah, ibunya baik ko, mukanya aja jutek. Jangan kemakan Hallo Effect ah. Tadi, agak tinggi bicaranya karena dia cape mungkin udah malem gini masih nyetir susah liat jalan kali” .

Masih, so stay calm. Akhirnya ibunya mencoba memecah keheningan dengan bertanya pada ku haha.

Ibu nya : “ kalian kuliah?”
N             :  “ Iya bu” (Senyum beautiful)
Ibu nya : “ Oh, jurusan apa?”
N             :” Psikologi bu”
Ibu nya : …….. (tanpa respon)

Setelah tanya-jawab itu suasana mobil kembali hening hanya terdengar suara AC -___- horror banget ga sih haha. Tapi, gak lama anak-anak di belakang udah asik ngobrol Cuma tetep dengan volume yang tidak seperti biasa, pelaaann banget ngomong nya, ketawa aja kedengeran banget di tahan #kasian dan nafa? Cuma bisa mematung sampe berkerak di depan karena ibu nya fokus nyetir dengan wajah yang ….. yasudahlah yah.

Namanya weekend jalanan macet banget dong ya. Penuh banget. Waktu kita sedang menikmati kemacetan tiba-tiba ada suara “ Dugg!!!” cukup keras. Ibu nya langsung rem mendadak. Ternyata ada mobil disebelah yang maksa maju dan nyenggol spion mobil ibu nya. Pas kaget denger suara it uterus liat wajah ibu nya yang udah kesel, marah kayanya. Langsung di buka deh kaca mobil nya terus ibu nya marah-marah sama sopir mobil itu. ah, rasanya pengen turun aja terus naek angkot aja. Cuma waktu itu udah lelah banget kita, kaki udah pegel, mata ngantuk berat, perut lapar, badan udah pengen nempel kasur ah nano nano lah. Jadi, ga ada pilihan lain selian sabar aja hmmm.

Akhirnya, kiat sampe juga di depok. Setelah turun dari mobil kita #Speechless saling tatap terus ketawa hhaha. Kita udah gab is ngomong lagi sudah lelah dengan hari ini. Kita berpisah disitu dan nafa juga langsung pulang.

Setelah sampe di kosan langsung istirahat? Oh, tidak! Laporan observasi yang tadi sudah menunggu untuk di ketik hehehe. Dan malam itu pun awal saya tidur lewat dari jam 1 ahaha #rekor.
Bersambung…..

Jl. Lembah

15112016

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kaleidoskop 2022

  Setahun vakum gak nulis apa-apa bukan berarti gue gabut dan gak bisa menceritakan apapun. Tapi, karena tahun 2022 itu nano nano banget buat gue, karena di tahun itu f or the very fisrt time i bacame a mother. Masya allah tabarakallah. Gue jadi Ibooook lho. Sejak dapet predikat itu kehidupan gue berubah gaess. Tolong jangan bayangkan kehidupan gue itu kaya ibu-ibu yang hepi hepi punya bayi, teteuup keliatan flawless , looks so gorgeous . Preetttt, itu sungguh ga ada sama gue. Setelah melahirkan gue justru merasa buluk. Berat badan naik hampir 20kg, begadang tiap malem sama bayi aja (karena setelah lahiran gue LDR sama suami), harus pumping tiap 2 jam, belajar menyusui sampe berdarah-darah, luka gue yang masih basah. Jujur ga ada cakep-cakepnya gue sesudah melahirkan tuh huhu. Bahkan gue ngerasain yang namanya baby blues lho, sungguh itu bukan mitos. Makanya kenapa wanita yang hamil kemudia melahirkan itu butuh banget dukungan dari lingkungan terdekatnya terutama suami. Satu

Rasanya menjadi Ibu Toddler

Menjadi orangtua dari toddler itu sungguh nano nano. Gatau harus memberi nama perasaan ini dengan apa karena sungguh nano nano. Bukan mau kemakan sama mitos yang katanya anak usia toddler itu sungguh menguras emosi, dan tenaga. TAPI ITU ADALAH FAKTA (buat gw gatau kalo org lain) Sejak memasuki usia 2 tahun rasanya emosi qile tuh makin menjadi-jadi tapi perkembangan emosi ini dibarengi dengan perkembangan autonomy kalo kata ericson. Jadi Qile tuh mulai apa-apa pengen sendiri, iya oke gapapa karena itu fasenya kan. Cumaaa kalo dia sedang melakukan sesuatu terus susaah, dia akan frustasi dan ngamuk. Disini peran emak dalam membantu regulasi emosi sangat dibutuhkan dan emak ketika menghadapi anak sednag emosyenel itu harus adem bukaaan?? TAPI, perlu di ingat sodara-sodara gak setiap waktu emak-emak itu dalam kondisi emosi yang stabil, ya kan?.  Apalagi ketika si emak di rumah itu ga ada yang bantu, ga ada helper, ga ada mbak, ga ada asisten, you named lah. Gimana rasanya? Sudah barang tent

Tamu Tak Diundang

Siapa yang sangka bahwa tempat itu yang akan membuatmu kedatangan tamu yang tak diundang, Siapa sangka bahwa tempat itu yang akan mengantarkanmu pada luka yang menganga saat ini. Siapa yang sangka bahwa tempat itu yang menjadi alasan kau harus menata kembali perasaanmu yang telah hancur berantakan sendirian. Dulu, kau butuh waktu bertahun-tahun untuk menata kembali perasaanmu, kau butuh tahunan untuk merawat luka itu hingga kering dan kau butuh waktu yang tidak sebentar untuk ada dititik berdamai dengan semua luka itu. Tapi, dia datang dengan jumawanya tanpa permisi, masuk kedalam hidupmu menajanjikan banyak hal, menjamin semuanya akan baik-baik saja, dan meyakinkannya berluang kali.