Langsung ke konten utama

Rasanya menjadi Ibu Toddler


Menjadi orangtua dari toddler itu sungguh nano nano. Gatau harus memberi nama perasaan ini dengan apa karena sungguh nano nano. Bukan mau kemakan sama mitos yang katanya anak usia toddler itu sungguh menguras emosi, dan tenaga. TAPI ITU ADALAH FAKTA (buat gw gatau kalo org lain)


Sejak memasuki usia 2 tahun rasanya emosi qile tuh makin menjadi-jadi tapi perkembangan emosi ini dibarengi dengan perkembangan autonomy kalo kata ericson. Jadi Qile tuh mulai apa-apa pengen sendiri, iya oke gapapa karena itu fasenya kan. Cumaaa kalo dia sedang melakukan sesuatu terus susaah, dia akan frustasi dan ngamuk. Disini peran emak dalam membantu regulasi emosi sangat dibutuhkan dan emak ketika menghadapi anak sednag emosyenel itu harus adem bukaaan??

TAPI, perlu di ingat sodara-sodara gak setiap waktu emak-emak itu dalam kondisi emosi yang stabil, ya kan?.  Apalagi ketika si emak di rumah itu ga ada yang bantu, ga ada helper, ga ada mbak, ga ada asisten, you named lah. Gimana rasanya?

Sudah barang tentu akupun  kadang emosyenel dooongggg. Karena si emak juga sudah melakukan kerjaan rumah itu dari sebelum tidur. percaya gak?

Sebelum tidur itu biasanya si emak beberes mainan anak, ceki-ceki kulkas buat menentukan besok mau bikin apa terutama buat anak gadih ini. Setelah beres dan tahu mau bikin apa barulah si emak tidur.

Subuh bangun langsung uplek-uplek dapur, sambil muterin cucian. 

Nah, percayakan pekerjaan saya itu never endings?????

Oke balik lagi ke dunia per-toddler-an

Drama anak toddler ini ada aja lho gaes.

Sisi kemandirian anak itu mulai muncul memang di usia 2 tahun ini katanya dan itu aku rasakan. Kaya habis mandi sekarang anaknya udah bisa milih baju

"Atiya gamau pake baju itu, baju bintang aja" 

fase pake baju bintang ini ada kali sebulanan maunya baju bintang dan celana panjang aja, kalo baju itu di cuci agak lamaa nego nya sampe doi mau ganti baju yg lain. 

Ini baru pagi weyy udah banyak nego nego kan. 

Oke, setelah baju bintang gantilah jadi fase gamis, ini agak lucu buat aku sih.

Mungkin karena dia sering liat emaknya pake gamis dan kaos kaki keluar rumah. Dia itu jadi pengen pake gamis melulu di rumah gaes. kaya pagi ini aja dia liat baju gamisnya habis di cuci, makaa habis mandi dia mintalah pake gamis itu.

salah satu gamis kesayangan

"Gamis atiya udah di cuci ya umma?"

"Iya udah"

"Mau pake gamis ajaaa"

"Pake baju pendek ajalah nak, gausah gamis"

"Gamauu, aku mau pake gamis" (entah dari mana dia tau aku aku itu =___=)

Baiklah kita pakaikan gamis kan, terus dia juga maunya pake legging pangjang pilihan dia dan kaos kaki yg itu aja.

Jadi waktu Qile ke playground dia dapet free socks dari sana warna ungu dan pink. Sejak saat itu pokoknya dia cuma mau pake kaos kaki yang ungu atau pink. Jadi aku cuci kering pake itu kaos kaki gaess. Kalo dua-duanya itu kaos kaki di cuci pasti terjadilah drama. 

"Mau pake kaos kaki yang ungu umma"

"Yang mana nak? ini ada yg kuning lho bagus" (pura-pura gatau emaknya siapa tau lgsg bisa beralih)

"Bukan yg itu, yg dari tante tante itu umma" (Penjaga tiket di playground nya mbak-mbak jd tante tante kata dia)

Kadang si emak ini sabar menghadapi tangisannya tapi lebih sering emosi jiwa karena kalo udah nangis suaranya bikin penging telinga Ya Allah.

Rasanya 4 bulan menjadi ibu dari anak 2 tahun itu sungguh lelah lahir batin pemirsah. Semua-muanya harus dipilih sendiri, semua-muanya harus "aku" yang pilih.

Iya tau memang fasenya, dan fase ini juga paling krusial. Karena akan menentukan apakah si anak akan jadi anak yang mandiri atau ragu-ragu dan pemalu.  Hal itu tergantung dari bagaimana respon orangtua dalam membantu anaknya melewati fase autonomy ini.

Makanya tiap hari seriiing banget Ya Allah Ya Allah aja kalo udah menghadapi drama anak gadih. Seriiing banget berharap ayahnya pulang cepet karena kalo ayahnya bisa pulang cepet artinya mamak bisa istirahat dari ngasuh anak sampe jam tidur dia.

Ayah is my fav

Qile tuh deket bgt sama ayahnya pokoknya dady is my favorite one tuh iya banget. Kalo ada ayah, emak gak laku sorry ye. Makan, mandi, main, sikat gigi pokoknya sama ayah wkwkkw. Alhamdulillah kan. Maka dari itu kebahagiaan si emak adalah ketika si bapak bisa pulang cepet atau minimal on time lah.

Dan si emak nih suka rada sensi kalo ada acara lebih dari kantor yang mengakibatkan pulangnya lama. Kalo lembur biasanya masih sangat bisa di tolerir tapi paling sebel kalo cuma acara makan-makan doang. Kaya sekarang kebanyakan jadwal bukber, itu bikin bete sih.

Karena anaknya lagi di fase yang drama pisan dan si aku teh butuh pisan di bantu gitu. Terus ayahnya pulang telat hadeuuh sok jadi rarungsing da jadinya si aku teh.

Iyaaa jadi begitulah sedikit cerita dari aku, ibu baru yang sedang menikmati fase anak toddler yang masya allah tabarakallah, semoga Allah mampukan terus diri ini mengasuh anak gadih dengan baik aamiin. 

doain ya buibu ternyata jadi emak itu sungguh susah pake banget. tapi seru sih.


Jkt, 200324


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kaleidoskop 2022

  Setahun vakum gak nulis apa-apa bukan berarti gue gabut dan gak bisa menceritakan apapun. Tapi, karena tahun 2022 itu nano nano banget buat gue, karena di tahun itu f or the very fisrt time i bacame a mother. Masya allah tabarakallah. Gue jadi Ibooook lho. Sejak dapet predikat itu kehidupan gue berubah gaess. Tolong jangan bayangkan kehidupan gue itu kaya ibu-ibu yang hepi hepi punya bayi, teteuup keliatan flawless , looks so gorgeous . Preetttt, itu sungguh ga ada sama gue. Setelah melahirkan gue justru merasa buluk. Berat badan naik hampir 20kg, begadang tiap malem sama bayi aja (karena setelah lahiran gue LDR sama suami), harus pumping tiap 2 jam, belajar menyusui sampe berdarah-darah, luka gue yang masih basah. Jujur ga ada cakep-cakepnya gue sesudah melahirkan tuh huhu. Bahkan gue ngerasain yang namanya baby blues lho, sungguh itu bukan mitos. Makanya kenapa wanita yang hamil kemudia melahirkan itu butuh banget dukungan dari lingkungan terdekatnya terutama suami. Satu

Tamu Tak Diundang

Siapa yang sangka bahwa tempat itu yang akan membuatmu kedatangan tamu yang tak diundang, Siapa sangka bahwa tempat itu yang akan mengantarkanmu pada luka yang menganga saat ini. Siapa yang sangka bahwa tempat itu yang menjadi alasan kau harus menata kembali perasaanmu yang telah hancur berantakan sendirian. Dulu, kau butuh waktu bertahun-tahun untuk menata kembali perasaanmu, kau butuh tahunan untuk merawat luka itu hingga kering dan kau butuh waktu yang tidak sebentar untuk ada dititik berdamai dengan semua luka itu. Tapi, dia datang dengan jumawanya tanpa permisi, masuk kedalam hidupmu menajanjikan banyak hal, menjamin semuanya akan baik-baik saja, dan meyakinkannya berluang kali.