Langsung ke konten utama

SELASA, 27 MEI 2014

Tak terasa sudah memasuki bulan juni lagi. Rasanya baru kemarin aku bertemu dengan mei dan menyimpan TERLALU banyak harapan padanya.

Kata aku sih jangan terlalu berharap sma SNMPTN itu kan penilainya ga OBJEKTIF. Mending ikut SBMPTN jelas penilaianya. Dari nilai rapot mah unpredictable udah mah tiap PTN punya penialain berbeda, pokonya ga objektif “.

Dulu aku ga mau terlalu denger kata-kata temenku ini karena aku ngerasa yakin PASTI masuk SNMPTN karena aku milih Cuma 1PTN maksudnya nunjukin konsistensi aku milih prodi. Karena aku ngerasa aku ga sanggup kalo harus ikut SBMPTN, tes itu jauh jauh jauh lebih sulit daripada UN ditambah saingan aku itu bukan hanya angkatana ku tapi 2 tahun sebelumnya juga.  Tapi ke -TERLALU PEDE-an aku itu di jawab ditanggal 27 mei 2014 jam 12.15 siang. 

27 mei 2014 pukul 12.00 siang adalah waktu yang paling aku tunggu sekaligus paling dicemaskan karena hari itu adalah PENGUMUMAN SNMPTN. Malam sebelum 27 Mei aku ga bisa tidur, terus kepikiran soal hasil pengumuman ini. Banyak pertanyaan yang mucul. 

Aku berharap besok ada bar hijau yang ngasih aku selamat, Amiin.” Harapan aku sebelum tidur 
Tapi kalo justru bar merah dan aku ga Lolos gimana? Apa nafa siap? Harus milih SBMPTN?” pertanyaan ini yang selalu ada dikepala aku semaleman.

Dari jam 6 pagi aku coba cari kesibukan buat sedikit nurunin ketegangan aku nunggu hasil SNMPTN jam 12 siang nanti. Dan kamu tau apa? setiap Ummi liat muka aku yang tegang dia selalu ketawa dan bilang. 

Masih sejam lagi biasa aja kali Dek ga usah tegang gitu. Lucu liat muka begitu haha” kata-kata ummi setiap liat muka tegang aku. 

Aku ga jawab apapun cuma bisa ngasih isyarat kalo aku ga bisa tenang. Kalo ga lolos gimana?. Waktu ada kumandang adzan dzuhur itu 15 menit sebelum pengumuman. Deg-degan nya bukan main aku coba mulai buka web resmi SNMPTN disitu udah ada bar buat masukin NISN dan tanggal lahir untuk liat hasil seleksi. aku makin panic tangan aku mulai dingin, dada aku makin deg-degan ga karuan. Aku mau buka pengumuman setelah ummi selesai sholat dzuhur. Karena waktu itu aku lagi ga bisa sholat makin ga tenang aja kan. Saat itu aku udah pasrah apapun hasil harus siap. 

Waktu aku masukin NISN dan tanggal lahir dan aku klik tombol LIHAT HASIL SELEKSI. ternyata yang keluar yg adalah BAR MERAH. Aku masih hafal betul gimana rasanya saat itu. Aku liat lagi tulisan yang ada di layar handphone ku baik-baik munkin aku salah liat. Aku coba eja lagi tiap katanya munkin akau salah baca. Engga, ga ada yang salah dengan tulisan itu ga ada yang salah dengan bar merah itu. Aku ga lolos SNMPTN. Ummi yang duduk disebelah aku Cuma senyum, meluk aku dan bilang 

Gapapa Dek, belum rezekinya di SNMPTN. Sekarang cepet daftar SBMPTN siapa tau rezekinya disana ”. ummi coba buat nenangin aku yang mulai netesin air mata. 
“Iya Dek, kuliah ga selalu musti di PTN itu masih banyak sekolah lain Dek” Abbi lagi coba buat nenangin aku. 
Beruntung aku punya orangtua yang ga pernah nuntut APAPUN dari anak nya. Dan sudah seharusnya aku sadar diri aku harus berusaha lebih keras lagi untuk buat mereka bangga dan bahagia punya aku. 

Aku ngerasa gagal iya,
Kecewa ,pasti 
Down ,apalagi 

Dan aku semakin malu ketika liat senyum ummi yg coba semangatin aku lagi dan coba nenangin aku. Aku ngerasa gagal karena belum bisa kasih yang terbaik dengan masuk PTN lewat jalur undangan. Karena orang-orang punya penilaian yang masuk lewat undangan itu HEBAT. Padahal SNMPTN bukan satu-satunya jalan buat masuk PTN. Masih banyak jalan masuk PTN ko ada SBMPTN, UMBPTN,dan MANDIRI. 

Setelah itu aku sadar ALLAH ITU SELALU MEMBERI APA YANG KITA BUTUHKAN BUKAN YANG KITA INGINKAN.  Munkin Allah tau kalo aku masuk SNMPTN munkin aku akan sombong bahkan munkin lupa sama yang kasih semua nikmat hidup ini dan akupun sadar Allah mau kasih aku kesempatan baru untuk lihat seberapa besar usahaku meyakinkanNya kalo aku pantas raih impian ku disana. SELALU ADA HIKMAH DIBALIK SETIAP KEJADIAN 

Aku ga mau nyerah gitu aja, dan lagi-lagi aku beruntung punya temen-temen yang selalu dukung aku kasih aku semangat. ga ada alesan buat nyerah. Ga lolos nya aku di SNMPTN bukan berarti Allah ga suka aku masuk kesana tapi Allah cuma mau liat usaha aku lebih keras lagi buat yakinin Allah kalo aku pantes masuk kesana cuma itu. 

Guru aku bilang “ AMBISIUS BOLEH TAPI HARUS QANAAH” as Simple as that tapi berhasil nampar aku, Astagfirullah munkin selama ini aku terlalu sombong dengan kerja keras ku sampai lupa siapa yang berkehendak. 

Waktuku sisa 2 minggu lagi menuju SBMPTN.Semoga Allah Ridho . Ini baru akan dimulai aku yakin aku mampu melewati proses ini. SNMPTN itu kaya undian berhadiah tak perlu berlarut disesali cukup nikmati saja setiap jengkal proses ini. insya Allah setelah kesulitan akan datang kemudahan itu janjiNya. NIKMATI PROSESNYA


Panumbangan, 1 juni 2014 23.00

Komentar

  1. Someone says -> "fall is only make you fly more high than before"

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kaleidoskop 2022

  Setahun vakum gak nulis apa-apa bukan berarti gue gabut dan gak bisa menceritakan apapun. Tapi, karena tahun 2022 itu nano nano banget buat gue, karena di tahun itu f or the very fisrt time i bacame a mother. Masya allah tabarakallah. Gue jadi Ibooook lho. Sejak dapet predikat itu kehidupan gue berubah gaess. Tolong jangan bayangkan kehidupan gue itu kaya ibu-ibu yang hepi hepi punya bayi, teteuup keliatan flawless , looks so gorgeous . Preetttt, itu sungguh ga ada sama gue. Setelah melahirkan gue justru merasa buluk. Berat badan naik hampir 20kg, begadang tiap malem sama bayi aja (karena setelah lahiran gue LDR sama suami), harus pumping tiap 2 jam, belajar menyusui sampe berdarah-darah, luka gue yang masih basah. Jujur ga ada cakep-cakepnya gue sesudah melahirkan tuh huhu. Bahkan gue ngerasain yang namanya baby blues lho, sungguh itu bukan mitos. Makanya kenapa wanita yang hamil kemudia melahirkan itu butuh banget dukungan dari lingkungan terdekatnya terutama suami. Satu

Rasanya menjadi Ibu Toddler

Menjadi orangtua dari toddler itu sungguh nano nano. Gatau harus memberi nama perasaan ini dengan apa karena sungguh nano nano. Bukan mau kemakan sama mitos yang katanya anak usia toddler itu sungguh menguras emosi, dan tenaga. TAPI ITU ADALAH FAKTA (buat gw gatau kalo org lain) Sejak memasuki usia 2 tahun rasanya emosi qile tuh makin menjadi-jadi tapi perkembangan emosi ini dibarengi dengan perkembangan autonomy kalo kata ericson. Jadi Qile tuh mulai apa-apa pengen sendiri, iya oke gapapa karena itu fasenya kan. Cumaaa kalo dia sedang melakukan sesuatu terus susaah, dia akan frustasi dan ngamuk. Disini peran emak dalam membantu regulasi emosi sangat dibutuhkan dan emak ketika menghadapi anak sednag emosyenel itu harus adem bukaaan?? TAPI, perlu di ingat sodara-sodara gak setiap waktu emak-emak itu dalam kondisi emosi yang stabil, ya kan?.  Apalagi ketika si emak di rumah itu ga ada yang bantu, ga ada helper, ga ada mbak, ga ada asisten, you named lah. Gimana rasanya? Sudah barang tent

Tamu Tak Diundang

Siapa yang sangka bahwa tempat itu yang akan membuatmu kedatangan tamu yang tak diundang, Siapa sangka bahwa tempat itu yang akan mengantarkanmu pada luka yang menganga saat ini. Siapa yang sangka bahwa tempat itu yang menjadi alasan kau harus menata kembali perasaanmu yang telah hancur berantakan sendirian. Dulu, kau butuh waktu bertahun-tahun untuk menata kembali perasaanmu, kau butuh tahunan untuk merawat luka itu hingga kering dan kau butuh waktu yang tidak sebentar untuk ada dititik berdamai dengan semua luka itu. Tapi, dia datang dengan jumawanya tanpa permisi, masuk kedalam hidupmu menajanjikan banyak hal, menjamin semuanya akan baik-baik saja, dan meyakinkannya berluang kali.